top of page

Kegiatan Penatalaksanaan Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut Masyarakat (PKL)

Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang menyelenggarakan upaya kesehatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (rehabilitatif), yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan. Konsep kesatuan upaya kesehatan ini menjadi pedoman dan pegangan bagi semua fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia termasuk Puskesmas

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya Salah satu puskesmas yang menjadi wilayah kerja lebih mengutamakan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative yaitu Puskesmas Abiansemal I. Puskesmas Abiansemal satu berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat dengan meningkatkan kualitas pelayanan SDM, sarana prasarana serta kesehatan lingkungan secara berkesinambungan. Puskesmas Abiansemal 1 memiliki Kader Posyandu. Kader posyandu merupakan salah satu anggota masyarakat yang bersedia, mampu, dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan posyandu secara sukarela. Kader Posyandu berperan dalam pelaksanaan dan pembinaan posyandu, sebaiknya juga memiliki pengetahuan dan keteram pilan tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut, sehingga mampu memberi informasi tentang kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat melalui kegiatan posyandu.

Praktek kerja lapangan (PKL) adalah salah satu bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan kerja langsung. Peran mahasiswa dalam pelaksanaan PKL merupakan salah satu kegiatan yang dapat diselenggarakan melalui program pendidikan dan program penguasaan keahlian dengan memberikan sikap edukasi kepada sasaran untuk meningkatkan mutu mahasiswa selama program pendidikan di perguruan tinggi. Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) tahun 2021 dilaksanakan dengan melibatkan seluruh mahasiswa semester VI jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Denpasar yang diselenggarakan di wilayah kerja Puskesmas Abiansemal I, Kabupaten Badung, PKL ini melibatkan kader posyandu di wilayah kerja Puskesmas Abiansemal I, Kabupaten Badung yang akan diberikan soal-soal pre test, post test dan penyuluhan oleh mahasiwa tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut yang dilaksanakan secara daring maupun luring.

bottom of page